Tangerang — Inovasi Sajadah pengingat rokaat karya santri kelas X Pesantren An-Nuqthah, meraih medali perak di ajang International Festival Of Innovation Of Green Technology (I-FINOG 2019) di Universitas Malaysia Pahang, Malaysia. Karya Hamnah Roihatul Fauziah dan Najila Qurotu Aini itu mengalahkan ratusan inovasi karya siswa lainnya dari seluruh Asia.

“Kami memenangkan I-FINOG 2019 pada kategori C yaitu Invention dan meraih perak dari 500 peserta itu dari Asia. Juara 1 dari Malaysia, kedua juga Malaysia,” kata Hamnah, Jumat (26/4).

International Festival Of Innovation Of Green Technology (I-FINOG 2019) merupakan ajang di mana para penemu belia berkumpul untuk memamerkan temuan terbaru mereka. “Kami memamerkan inovasi yaitu Sajadah pengingat rokaat untuk membantu umat Muslim khususnya orang tua yang terkadang lupa rokaat solat,” ujar Hamnah.

Hamnah mengaku, persiapan yang dilakukan timnya menghadapi ajang itu sangat mepet, yakni dua minggu. Alat dirancang memang bulan maret namun mulai pembuatan pada awal april, dan selesai pada H-1 digelarnya ajang itu. Hamnah dan tim akan mencoba mengembangkan alat tersebut, terutama setelah selesai libur panjang kenaikan kelas ini.

“mungkin Ke depan alat ini akan diintegrasikan dengan Artificial Intellegence (AI) sehingga sajadah akan berbunyi saat rokaat kelebihan atau tasyahud akhir saat belum waktunya.

Kepala Sekolah SMA An-Nuqthah, Hibar Firdaus mengatakan, Kami mencoba mengeksplore lebih jauh bakat-bakat yang mengalir pada diri santri. Karya Ilmiah adalah salah satu upaya para santri untuk lebih berkembang.

write my paper for me