Dahulu, tempat ini bukanlah apa-apa, hanya tempat yang sempat diragukan dan banyak orang tak tau akan menjadi apa, tempat yang hanya terlihat hamparan sawah, tempat yang tak terlihat mewah dan tempat yg tak banyak orang tahu apa itu An-Nuqthah.
Tempat yang hanya berisi belasan santri di tambah dengan 5 orang guru yang menjadi elemen pelengkap demi terciptanya sebuah lembaga pendidikan islami berbasis pesantren.

8 Agustus 2009 tepatnya, setelah tanggal diresmikannya, pondok ini hanya memiliki 1 gedung berlantai 1, yang di dalamnya terdapat 5 ruang, berupa 2 kamar santri, 1 ruang sholat, 1 ruang kelas dan 1 kantor guru, tempat inilah yang menjadi awal sebuah cita dan harapan bagi para santri itu juga menjadi pusat kegiatan belasan santri bersama guru&kyai.

Seiring berjalannya waktu nama pesantren An-nuqthah terus tersebar dan terdengar, masyarakatpun mulai mengenal apa itu An-Nuqthah dan mempercayai An-Nuqthah, dengan bukti bertambahnya berbagai fasilitas santri, serta kuantitas santri dari tahun ke tahun, dari satuan, belasan, puluhan, ratusan, hingga saat ini mencapai ribuan santri, yang menjadi elemen penting bagi pesantren begitu juga dengan bertambahnya deretan alumni yang mengabdi demi pondok tercintanya.

Ya, saat ini An-Nuqthah sudah mencapai usianya yang ke-10, An-Nuqthah yang terus berdiri dengan megah di bawah pimpinan kyai yang gagah dan para guru yang masih terus berjuang melawan kebodohan yang nista, demi baiknya masa depan nusantara dan agama.

Hanya doa yang kami bisa berikan, mudah-mudahan di satu dasawarsa ini rahmat & nikmat selalu tercucur dari robbal Aalamin padamu wahai Pondok dan guruku.

Dari kami yang telah di besarkan pondok, bukan kami yang membesarkan pondok.